Posting kali ini kami ambil dari portal Dikmen Kemdikbud yang mengelola Aplikasi dapodik, http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.
Ditujukan kepada:
Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
Operator Dapodik SD, SMP, SMA, SMK dan SLB di seluruh Indonesia.
Informasi ini sangat penting karena berhubungan dengan data dan pemutakhiran data kedepannya. Database dapodik yang saat ini versi 2.4.7 akan di upgrade menjadi versi 2.5.3 lalu tentu saja diikuti dengan maintenance server dan perbaikan/penyesuaian aplikasi. Beberapa informasi penting berikut sangat berguna bagi pengelolaan data di Sekolah:
1. Batas akhir Sinkronisasi DAPODIK sebaiknya sebelum 30 Juni 2016
Mengingat batas waktu untuk perbaikan data dapodik untuk kebutuhan data Transaksi di Ditjen. GTK dan masa aktif periode genap tahun pelajaran 2015/2016 akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2016, maka sangat diharapkan operator Sekolah melakukan sinkronisasi sebelum batas yaitu tanggal 30 juni 2016 Pukul 23.59 WIB.
Pada aplikasi baru nantinya tidak akan ada rilis "updater" dan langsung menggunakan Aplikasi Dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen "Installer" serta menggunakan prefill baru.
2. Tanggal 1 s/d 17 Juli 2016
Pada tanggal ini akan dilaksanakan upgrade database dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen dari 2.4.7 menjadi 2.5.3. Sekolah diharapkan untuk menyiapkan Dokumen pendukung untuk entri data kelas I, VII atau X dan TIDAK DIIJINKAN melakukan proses sinkronisasi.
3. Tanggal 18 Juli 2016
Rilis Aplikasi baru Dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen.
Beberapa kali tim Pengembang mengingatkan bahwa kelulusan siswa kelas VI, IX dan XII Tahun 2015/2016 termasuk input data untuk siswa baru kelas I, VII dan X tahun 2016/2017 dilakukan setelah referensi tahun pelajaran 2016/2017 diaktifkan. Informasi pembukaan tahun pelajaran 2016/2017 secara teknis akan disampaikan melalui website resmi pendataan di
http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id atau http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Demikian Informasi Penting tentang dapodikdasmen semoga dapat menjadi perhatian sekolah-sekolah se Indonesia.
Salam satu data..
Post A Comment:
0 comments: